Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tugas APSI Project Chapter

Project Chapter

 

Judul Proyek                 : Sistem Informasi Bursa Kerja Khusus SMK PGRI Telagasari

Tanggal Mulai Proyek :  09 Maret 2021

Tanggal Akhir Proyek  :  04 Juni 2021

Nomor Kontrak           :   ....

Manajer Proyek           :  Nopian

Tujuan Proyek             : Membuat aplikasi berbasis web service untuk membantu mengelola memberikan pelayanan dan informasi lowongan pekerjaan sehingga dapat mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan pencari kerja. Software ini akan mencakup beberapa fitur yang bisa digunakan oleh user (calon pelamar ) antara lain : Mengetahui Informasi Lowongan Kerja, Melamar Pekerjaan, Apply Lamaran dan CV, Mengikuti Serangkaian tes Online, pengumuman, hasil tes, dan cadangan data. Beberapa bagian web bebas diakses publik, sedangkan bagian lainnya hanya dapat diakses oleh Pelamar (Alunmi atau Umum) , Perusahaan yang tergabung, dan anggota sekolah.

Pendekatan:

1.      Melakukan pertemuan langsung dengan klien (pihak sekolah) untuk mendapatkan requirement-requirement yang dibutuhkan.

2.      Melakukan review terhadap template internal dan eksternal serta contoh-contoh dokumen manajemen proyek.

3.      Melakukan riset perangkat lunak untuk menyediakan jaminan keamanan dan mengelola input dari user.

4.      Mengembangkan software dengan pendekatan iteratif, mengumpulkan umpan balik dari user.

 

 

 

Peranan dan Tanggung Jawab

Nama

Peranan

Posisi

Informasi Kontak

Nopian

Project Manager

Project Manager

nopiandoang2@gmail.com

Franciskus Erick

Anggota Tim

Software Analyst

franciscuserick@gmail.com

Astri Ofiyanti

Anggota tim

Software Developer (progammer)

astriofiy@gmail.com

Andi M

Anggota Tim

Software Developer (progammer)

andimuhamad13@gmail.com

 

SISTEM INFORMASI BKK

1. Introduction/Background

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah salah satu bentuk satuan pendidikan formal yang bertanggung jawab dalam penyiapan Sumber Daya Manusia (SDM) tingkat menengah yang handal dan produktif serta berorientasi pada kebutuhan dunia kerja yang ada.

SMK PGRI Telagasari adalah salah satu Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di Kabupaten Karawang. Sebagai sekolah kejuruan, SMK PGRI Telagasari harus memiliki Bursa Kerja Khusus (BKK). BKK (Bursa Kerja Khusus) adalah sebuah mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang di bentuk oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan pekerjaan sehingga dapat mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan pencari kerja.

 

Sejalan dengan VISI kami yaitu:

Meningkatkan Sumber Daya Manusia di bidang Teknologi Informasi.

Maka kami mengembangkan sebuah sofware (Sistem Informasi BKK SMK PGRI TELAGASARI) untuk membantu pengelolaan data Pelamar di BKK dan merupakan salah satu bentuk pengenalan TEKNOLOGI INFORMASI pada siswa/siswi, Alumni dan Anggota Sekolah Serta Pihak Perusahaan yang tergabung pada BKK SMK PGRI TELAGASARI , sehingga para pelamar dapat merasakan secara langsung keuntungan dari Teknologi Informasi itu sendiri.

Fitur-fitur yang terdapat pada SI BKK antara lain:

1.      Data Member

2.      Data Perusahaan

3.      Data Admin

4.      Informasi Lowongan

5.      Data Lamaran

6.   Test Online

 

2. Business Objective

Teknologi Informasi berperan penting dalam memperbaiki kualitas suatu Instansi. Penggunaannya tidak hanya sebagai proses otomatisasi terhadap akses informasi, tetapi juga menciptakan akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi ,sehingga proses organisasi yang terjadi akan efisien, terukur dan fleksibel.

Di tengah pandemi Covid-19, lulusan SMA/SMK yang mencari lapangan kerja tetap membludak. Sementara saluran para pencari kerja melalui bursa kerja cenderung terhambat. Hal itu  sebagai dampak  mewabahnya virus Corona yang kini belum mereda.

3. Current Situation and Problem/Opportunity Statement

Di era New Normal ini, kita dituntut untuk kembali menjalankan aktivitas dengan ubah kebiasaan baru dan menjalankan protocol kesehatan. Salah satunya ialah menjaga jarak atau tidak berkerumun. Dengan sistem di BKK saat ini sulit rasanya untuk tidak berkerumun, mengingat keterbatasan tempat, petugas BKK yang bisanya tidak lebih dari 5 orang haru melayani ratusan orang pencari kerja. Informasi lowongan yang diinfokan saat ini hanya ditempel pada papan pengumuman BKK dan untuk proses pendaftarannya dilakukan melalui pengisian formulir di kantor BKK. Pengolahan data yang lama membuat antrian panjang setiap kali BKK membuka pendaftaran.

Kebanyakan sekolah tidak memiliki manajemen yang baik. Mereka masih menggunakan sistem pencatatan manual sehingga sangat tidak efektif. Ada banyak masalah yang menjadikan banyak kesempatan untuk membuat aplikasi terkomputerisasi. Sehingga diharapkan sekolah yang menggunakan aplikasi ini bisa lebih efektif dengan manajemen yang terkomputerisasi.

4. Critical Assumption and Constraints

Sistem Informasi BKK harus dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi pihak sekolah, Pelamar dan Perusahaan dalam hal kemudahan memperoleh akses tentang informasi Lowongan Pekerjaan. Pengguna dapat mengakses dengan cara online. Oleh karena itu, sistem harus mudah diakses oleh pengguna. Sistem selalu bekerja dengan baik tanpa adanya hambatan yang bersifat teknis maupun personal (human error). Project manager harus selalu sigap atas adanya permasalahan yang mengganggu kinerja sistem khususnya yang berhubungan dengan layanan terhadap klien. Sistem harus dapat dijalankan pada hardware dan software yang sudah ada, dan dapat meminimasi kebutuhan dukungan teknis.

5. Analysis of Options and Recommendation

Terdapat empat opsi untuk oportuniti tersebut:

1.      Tidak adanya layanan Sistem Informasi BKK tidak mempengaruhi dari bisnis perusahaan terkait,

2.      Sistem informasi ini digunakan khusus untuk Siswa atau Alumni SMK.

3.      Melakukan perancangan dan implementasi dari layanan ini dengan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang telah ada.

4.      Sistem informasi ini berbasis web yang nantinya dapat di akses melalui browser di laptop dan ponsel.

6. Preliminary Project Requirements

Fitur utama dari proyek Sistem Informasi Sekolah mencakup:

1. Sistem informasi BKK berbasis web dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL.

2. Pengguna sistem informasi dibedakan menjadi 3 level dengan hak akses yang berbeda, yaitu admin, perusahaan dan member

3. Admin dapat melihat, mengedit, menambah dan menghapus data admin

4. Admin dapat melihat, mengedit, menambah dan menghapus data perusahaan

5. Admin dapat melihat, mengedit dan menghapus data member.

6. Admin dapat mencetak data member dan perusahaan.

7. Perusahaan dapat melihat dan mengedit data perusahaan.

8. Perusahaan dapat menambah, mengedit dan menghapus lowongan kerja.

9. Perusahaan dapat melihat data pelamar dan hasil ujian pelamar.

10. Perusahaan dapat mencetak data pelamar

11. Member dapat melihat dan mengedit data member.

12. Member dapat meliat data lowongan.

13. Member dapat melamar di lowongan yang tersedia.

14. Member dapat mengerjakan ujian secara online.

15. Member dapat mencetak hasil ujian.

 

7. Project Milestones

Summary Milestones Schedule_ List Key Project milestones relative to project start

Project Milestones Target date

(dd/mm/yy)

Pembuatan Proposal

09/03/2021

Survey dan Analisa system

15/03/2021

Pembuatan Program

29/03/2021

Dokumentasi

12/05/2021

Instal dan Testing

20/05/2021

Training

01/06/2021

 

8. Budget Summary

Project Competent Competent Cost

Survey dan Analisa system

Rp.2.400.000

Pembuatan Program

Rp.7.000.000

Implementasi

Rp.1.000.000

Dokumentasi

Rp.300.000

Total                                                                                   

Rp.10.700.000

 

9. Schedule Estimate

User menginginkan proyek diselesaikan dalam waktu enam bulan, tapi terdapat beberapa fleksibilitas dalam jadwal

10. Potential Risks

Resiko yang mungkin dihadapi dalam pengerjaan sistem informasi bursa kerja berbasisweb ini adalah :

1.      Adanya Perubahan kebijakan dari pihak Sekolah

2.      Waktu yang dibutuhkan bisa jadi lebih lama dari pada yang diperhitungkan

3.      Kesalah pahaman antara pihak sekolah dan tim.

Post a Comment for "Tugas APSI Project Chapter"