Tugas APSI Project Chapter
Project
Chapter
Judul Proyek : Sistem Informasi Bursa Kerja Khusus SMK PGRI Telagasari
Tanggal
Mulai Proyek : 09
Maret 2021
Tanggal
Akhir Proyek : 04 Juni
2021
Nomor Kontrak
: ....
Manajer
Proyek : Nopian
Tujuan
Proyek : Membuat aplikasi berbasis web service untuk membantu mengelola memberikan pelayanan dan informasi lowongan pekerjaan sehingga dapat mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan pencari kerja.
Software ini akan mencakup beberapa fitur yang bisa digunakan oleh user (calon pelamar )
antara lain : Mengetahui Informasi Lowongan Kerja, Melamar Pekerjaan, Apply Lamaran dan CV, Mengikuti Serangkaian tes Online, pengumuman, hasil tes, dan cadangan data. Beberapa bagian web bebas diakses publik, sedangkan bagian lainnya hanya dapat
diakses oleh Pelamar (Alunmi atau Umum) , Perusahaan yang tergabung, dan
anggota sekolah.
Pendekatan:
1. Melakukan pertemuan langsung dengan klien (pihak sekolah)
untuk mendapatkan
requirement-requirement yang dibutuhkan.
2. Melakukan review terhadap
template internal dan eksternal serta
contoh-contoh dokumen manajemen proyek.
3. Melakukan riset perangkat lunak untuk menyediakan jaminan keamanan dan mengelola input dari user.
4. Mengembangkan software dengan pendekatan iteratif, mengumpulkan umpan balik dari user.
Peranan dan Tanggung Jawab
Nama |
Peranan |
Posisi |
Informasi Kontak |
Nopian |
Project Manager |
Project Manager |
nopiandoang2@gmail.com |
Franciskus Erick |
Anggota Tim |
Software Analyst |
franciscuserick@gmail.com |
Astri Ofiyanti |
Anggota tim |
Software Developer (progammer) |
astriofiy@gmail.com |
Andi M |
Anggota Tim |
Software Developer (progammer) |
SISTEM INFORMASI
BKK
1.
Introduction/Background
Sekolah Menengah
Kejuruan (SMK) adalah salah
satu bentuk satuan pendidikan formal yang bertanggung jawab dalam penyiapan Sumber Daya Manusia
(SDM) tingkat menengah yang
handal dan produktif serta berorientasi pada kebutuhan dunia kerja yang ada.
SMK
PGRI Telagasari adalah salah
satu Sekolah Menengah Kejuruan yang berada di Kabupaten Karawang. Sebagai sekolah kejuruan, SMK PGRI Telagasari harus memiliki Bursa Kerja Khusus (BKK). BKK (Bursa Kerja Khusus) adalah
sebuah mitra Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi yang di bentuk oleh Sekolah Menengah Kejuruan Negeri dan Swasta, sebagai unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan pekerjaan sehingga dapat mengoptimalkan penyaluran tamatan SMK dan pencari kerja.
Sejalan dengan VISI kami yaitu:
“Meningkatkan Sumber Daya Manusia
di bidang Teknologi Informasi.”
Maka kami mengembangkan sebuah sofware (Sistem Informasi BKK SMK
PGRI TELAGASARI)
untuk membantu pengelolaan data Pelamar di BKK
dan merupakan salah satu bentuk pengenalan TEKNOLOGI INFORMASI pada siswa/siswi, Alumni dan Anggota Sekolah Serta Pihak Perusahaan yang tergabung
pada BKK SMK PGRI TELAGASARI , sehingga
para pelamar dapat merasakan secara langsung keuntungan dari Teknologi Informasi itu sendiri.
Fitur-fitur
yang terdapat pada SI BKK antara
lain:
1.
Data Member
2.
Data Perusahaan
3.
Data Admin
4.
Informasi Lowongan
5.
Data Lamaran
6. Test Online
2.
Business Objective
Teknologi Informasi berperan penting dalam memperbaiki kualitas suatu Instansi. Penggunaannya tidak hanya sebagai
proses otomatisasi
terhadap akses informasi, tetapi
juga menciptakan akurasi, kecepatan, dan kelengkapan sebuah sistem yang terintegrasi ,sehingga
proses organisasi yang terjadi
akan efisien, terukur dan fleksibel.
Di tengah pandemi Covid-19, lulusan SMA/SMK yang mencari lapangan kerja tetap membludak. Sementara saluran para pencari kerja melalui
bursa kerja cenderung terhambat. Hal itu sebagai
dampak mewabahnya virus Corona yang kini
belum mereda.
3.
Current Situation and Problem/Opportunity Statement
Di
era New Normal ini, kita dituntut untuk kembali menjalankan aktivitas dengan ubah kebiasaan baru dan menjalankan protocol kesehatan. Salah satunya ialah menjaga jarak
atau tidak berkerumun. Dengan sistem di BKK saat ini sulit rasanya
untuk tidak berkerumun, mengingat keterbatasan tempat, petugas BKK yang bisanya tidak lebih dari
5 orang haru melayani ratusan orang pencari kerja. Informasi lowongan yang diinfokan saat ini hanya
ditempel pada papan pengumuman BKK dan untuk proses pendaftarannya dilakukan melalui pengisian formulir di kantor BKK. Pengolahan data yang lama membuat
antrian panjang setiap kali BKK membuka pendaftaran.
Kebanyakan sekolah tidak
memiliki manajemen yang baik. Mereka masih menggunakan sistem pencatatan manual
sehingga sangat tidak efektif. Ada banyak masalah yang menjadikan banyak kesempatan
untuk membuat aplikasi terkomputerisasi. Sehingga diharapkan sekolah yang
menggunakan aplikasi ini bisa lebih efektif dengan manajemen yang
terkomputerisasi.
4.
Critical Assumption and Constraints
Sistem Informasi BKK harus dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi
pihak sekolah, Pelamar dan Perusahaan dalam hal kemudahan
memperoleh akses tentang informasi Lowongan Pekerjaan. Pengguna dapat mengakses
dengan cara online. Oleh karena itu, sistem harus mudah diakses oleh pengguna.
Sistem selalu bekerja dengan baik tanpa adanya hambatan yang bersifat teknis
maupun personal (human error).
Project manager harus selalu sigap atas adanya permasalahan yang mengganggu kinerja
sistem khususnya yang berhubungan dengan layanan terhadap klien. Sistem harus
dapat dijalankan pada hardware dan software yang sudah ada, dan dapat
meminimasi kebutuhan dukungan teknis.
5.
Analysis of Options and Recommendation
Terdapat empat opsi untuk oportuniti
tersebut:
1. Tidak adanya layanan Sistem Informasi BKK tidak mempengaruhi dari bisnis perusahaan terkait,
2. Sistem informasi ini digunakan khusus
untuk Siswa atau Alumni SMK.
3.
Melakukan perancangan dan implementasi dari layanan ini dengan
menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang telah ada.
4.
Sistem informasi ini berbasis web yang nantinya dapat di akses melalui browser di laptop
dan ponsel.
6.
Preliminary Project Requirements
Fitur
utama dari proyek Sistem
Informasi Sekolah mencakup:
1. Sistem informasi BKK berbasis web dibangun menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan database MySQL.
2. Pengguna
sistem informasi dibedakan menjadi 3 level dengan hak akses
yang berbeda, yaitu admin, perusahaan dan member
3. Admin dapat
melihat, mengedit, menambah dan menghapus data admin
4. Admin dapat
melihat, mengedit, menambah dan menghapus data perusahaan
5. Admin dapat
melihat, mengedit dan menghapus data member.
6. Admin dapat
mencetak data member dan perusahaan.
7. Perusahaan dapat
melihat dan mengedit data perusahaan.
8. Perusahaan dapat
menambah, mengedit dan menghapus lowongan kerja.
9. Perusahaan dapat
melihat data pelamar dan hasil ujian pelamar.
10. Perusahaan dapat
mencetak data pelamar
11. Member dapat
melihat dan mengedit data
member.
12. Member dapat
meliat data lowongan.
13. Member dapat
melamar di lowongan yang tersedia.
14. Member dapat
mengerjakan ujian secara online.
15. Member dapat
mencetak hasil ujian.
7.
Project Milestones
Summary Milestones Schedule_ List Key Project milestones relative to project start |
|
Project Milestones Target date |
(dd/mm/yy) |
Pembuatan Proposal |
09/03/2021 |
Survey dan Analisa system |
15/03/2021 |
Pembuatan Program |
29/03/2021 |
Dokumentasi |
12/05/2021 |
Instal dan Testing |
20/05/2021 |
Training |
01/06/2021 |
8. Budget Summary
Project Competent Competent
Cost |
|
Survey dan Analisa system |
Rp.2.400.000 |
Pembuatan Program |
Rp.7.000.000 |
Implementasi |
Rp.1.000.000 |
Dokumentasi |
Rp.300.000 |
Total |
Rp.10.700.000 |
9. Schedule Estimate
User menginginkan proyek diselesaikan dalam waktu enam
bulan, tapi terdapat beberapa fleksibilitas dalam jadwal
10. Potential Risks
Resiko yang mungkin
dihadapi dalam pengerjaan sistem informasi bursa kerja berbasisweb ini adalah :
1.
Adanya Perubahan kebijakan dari pihak Sekolah
2.
Waktu yang dibutuhkan bisa jadi lebih lama dari pada yang
diperhitungkan
3.
Kesalah pahaman antara pihak sekolah dan tim.
Post a Comment for "Tugas APSI Project Chapter"