Kerangka Kerja RPL dan Jenis Perangkat Lunak Aplikasi
RPL |
• RPL adalah disiplin teknik yang berkaitan dengan semua aspek produksi PL dari tahap awal spesifikasi sistem sampai pemeliharaan.
• Aspek produksi RPL berkaitan dengan proses teknis dari pengembangan PL, manajemen proyek PL dan pengembangan alat-alat, metode, dan teori untuk mendukung produksi PL.
• RPL merupakan aplikasi dari suatu pendekatan yang semantik, disiplin, dan dapat diukur pada pengembangan, operasi, dan perawatan PL.
Langkah-langkah RPL:
a. Memahami permasalahan
• Siapa yang terkait dalam pemecahan masalah?
• Apa saja yang tidak diketahui?
• Data, fungsi, dan fitur yang dibutuhkan
• Dapatkah masalah dikategorikan (dipecah menjadi masalah yang lebih kecil)?
• Dapatkah masalah diwakili dengan grafis?
• Dapatkah dibuat sebuah model analisis?
b. Merancang solusi
• Pernahkah ada masalah serupa sebelumnya dan telah didapatkan pemecahan masalahnya?
• Dapatkah sub-masalah didefinisikan?
• Dapatkah menyusun solusinya?
c. Menjalankan rancangan
• Apakah solusi cocok dengan masalah?
• Apakah kode program dapat dilacak secara langsung?
• Apakah komponen dari solusi sudah tepat?
d. Memeriksa hasil
• Uji setiap komponen dari solusi dengan menggunakan strategi pengujian
• Apakah solusi sesuai dengan data, fungsi dan fitur yang dibutuhkan?
Kerangka kerja proses
• Kerangka kerja proses membangun dasar bagi proses RPL yang lengkap dengan cara mengidentifikasikan aktivitas kerangka kerja yang cocok untuk semua proses RPL.
Kerangka kerja proses mencakup sekumpulan akitivitas yang berperan sebagai penyangga dan cocok dengan keseluruhan proses PL.
• Aktivitas kerangka kerja proses:
a. Komunikasi
b. Perencanaan
c. Pemodelan
d. Konstruksi
e. Penyerahan PL ke pelanggan/user
Stakeholder dalam RPL
■ Users: adalah orang-orang yang akan menggunakan PL.
■ Customer (client): adalah orang-orang yang membeli atau memesan PL.
■ Software Developer: adalah orang-orang yang mengembangkan dan memelihara PL.
■ Development Manager: adalah orang-orang yang menjalankan organisasi yang mengembangkan PL, dan biasanya memiliki latar belakang pendidikan dalam administrasi bisnis.
Jenis Perangkat Lunak Aplikasi
a. Stand-Alone Applications
adalah contoh aplikasi seperti aplikasi office pada PC, program CAD, software manipulasi foto, dll
b. Interactive Transaction Based Applications
adalah aplikasi yang mengeksekusi pada komputer remote dan yang diakses oleh pengguna dari PC mereka sendiri atau terminal
c. Batch Processing Systems
adalah sistem bisnis yang dirancang untuk memproses data input yang besar untuk membuat output yang sesuai. Contoh: sistem penagihan telepon, dan sistem pembayaran gaji.
d. Embedded Control Systems
adalah sistem kontrol PL yang mengontrol dan mengelola perangkat keras, atau sistem yang tertanam pada jenis sistem lain. Contoh: PL yang mengontrol pengereman anti-lock mobil, dan software dalam oven microwave untuk mengontrol proses memasak.
e. Entertainment Systems
adalah sistem yang terutama untuk penggunaan pribadi dan yang dimaksudkan untuk menghibur pengguna.
f. Systems for Modelling and Simulation
adalah sistem yang dikembangkan untuk model proses fisik atau situasi, dengan banyak objek yang saling berinteraksi
g. Data Collection Systems
adalah sistem yang mengumpulkan data dari lingkungan mereka menggunakan satu set sensor dan mengirim data ke sistem lain untuk diproses.
h. Systems of Systems
adalah sistem yang terdiri dari sejumlah sistem PL lain. Contohnya sistem pada ATC atau air traffic control, gabungan dari sistem radar, sistem satelit, sistem pesawatnya dll.
• Aspek produksi RPL berkaitan dengan proses teknis dari pengembangan PL, manajemen proyek PL dan pengembangan alat-alat, metode, dan teori untuk mendukung produksi PL.
• RPL merupakan aplikasi dari suatu pendekatan yang semantik, disiplin, dan dapat diukur pada pengembangan, operasi, dan perawatan PL.
Langkah-langkah RPL:
a. Memahami permasalahan
• Siapa yang terkait dalam pemecahan masalah?
• Apa saja yang tidak diketahui?
• Data, fungsi, dan fitur yang dibutuhkan
• Dapatkah masalah dikategorikan (dipecah menjadi masalah yang lebih kecil)?
• Dapatkah masalah diwakili dengan grafis?
• Dapatkah dibuat sebuah model analisis?
b. Merancang solusi
• Pernahkah ada masalah serupa sebelumnya dan telah didapatkan pemecahan masalahnya?
• Dapatkah sub-masalah didefinisikan?
• Dapatkah menyusun solusinya?
c. Menjalankan rancangan
• Apakah solusi cocok dengan masalah?
• Apakah kode program dapat dilacak secara langsung?
• Apakah komponen dari solusi sudah tepat?
d. Memeriksa hasil
• Uji setiap komponen dari solusi dengan menggunakan strategi pengujian
• Apakah solusi sesuai dengan data, fungsi dan fitur yang dibutuhkan?
Kerangka kerja proses
• Kerangka kerja proses membangun dasar bagi proses RPL yang lengkap dengan cara mengidentifikasikan aktivitas kerangka kerja yang cocok untuk semua proses RPL.
Kerangka kerja proses mencakup sekumpulan akitivitas yang berperan sebagai penyangga dan cocok dengan keseluruhan proses PL.
• Aktivitas kerangka kerja proses:
a. Komunikasi
b. Perencanaan
c. Pemodelan
d. Konstruksi
e. Penyerahan PL ke pelanggan/user
Stakeholder dalam RPL
■ Users: adalah orang-orang yang akan menggunakan PL.
■ Customer (client): adalah orang-orang yang membeli atau memesan PL.
■ Software Developer: adalah orang-orang yang mengembangkan dan memelihara PL.
■ Development Manager: adalah orang-orang yang menjalankan organisasi yang mengembangkan PL, dan biasanya memiliki latar belakang pendidikan dalam administrasi bisnis.
Jenis Perangkat Lunak Aplikasi
a. Stand-Alone Applications
adalah contoh aplikasi seperti aplikasi office pada PC, program CAD, software manipulasi foto, dll
b. Interactive Transaction Based Applications
adalah aplikasi yang mengeksekusi pada komputer remote dan yang diakses oleh pengguna dari PC mereka sendiri atau terminal
c. Batch Processing Systems
adalah sistem bisnis yang dirancang untuk memproses data input yang besar untuk membuat output yang sesuai. Contoh: sistem penagihan telepon, dan sistem pembayaran gaji.
d. Embedded Control Systems
adalah sistem kontrol PL yang mengontrol dan mengelola perangkat keras, atau sistem yang tertanam pada jenis sistem lain. Contoh: PL yang mengontrol pengereman anti-lock mobil, dan software dalam oven microwave untuk mengontrol proses memasak.
e. Entertainment Systems
adalah sistem yang terutama untuk penggunaan pribadi dan yang dimaksudkan untuk menghibur pengguna.
f. Systems for Modelling and Simulation
adalah sistem yang dikembangkan untuk model proses fisik atau situasi, dengan banyak objek yang saling berinteraksi
g. Data Collection Systems
adalah sistem yang mengumpulkan data dari lingkungan mereka menggunakan satu set sensor dan mengirim data ke sistem lain untuk diproses.
h. Systems of Systems
adalah sistem yang terdiri dari sejumlah sistem PL lain. Contohnya sistem pada ATC atau air traffic control, gabungan dari sistem radar, sistem satelit, sistem pesawatnya dll.
Post a Comment for "Kerangka Kerja RPL dan Jenis Perangkat Lunak Aplikasi"